BLOGGER TEMPLATES AND IMVU Layouts »

Wednesday, September 7, 2011

Soal Petasan dan Kembang Api, Itu Salah Petugas Keamanan

Penonton pada laga Indonesia vs Bahrain jadi kambing hitam atas sempat terhentinya pertandingan. Tapi dari semua itu, pihak keamanan jadi awal muaranya.

Sekitar menit ke-75 laga dihentikan oleh match commisioner (pengawas pertandingan) karena para penonton sudah berlebihan dalam menyalakan petasan dan kembang api, hingga percikan mencapai lapangan.

Bahkan para pemain Bahrain pun langsung diungsikan ke ruang ganti. Namun sekitar 15 menit kemudian laga diteruskan hingga usai.

Hal ini kemudian sudah mengundang kekhawatiran Sekjen PSSI Tri Goestoro jika Indonesia bisa dilarang menggelar partai kandang oleh FIFA pada partai kualifikasi Piala Dunia 2014 selanjutnya.

Namun menurut penuturan seorang anggota LOC (panitia lokal) yang bertugas di lapangan kepada detiksport, match commisioner di laga tersebut adalah seorang Head of Security FIFA dan ia menilai jika kesalahan ada pada petugas keamanan.

"Tadi match commisioner bilang ini adalah kesalahan security bukan penonton. Percuma ada 3200 personil tapi bisa lolos," tutur petugas LOC itu menirukan pernyataan Match Commisioner.

Memang menurut pengamatan detiksport di lapangan, petugas polisi dan keamanan lainnya malah lebih banyak asyik menonton dibanding mengawasi penonton.

Tidak seperti di Piala Asia 2007, di tribun-tribun tidak ada lagi petugas keamanan yang berjaga. Apalagi menurut informasi yang didapat jika pemeriksaan di pintu masuk hanya dilakukan seadanya.

Tentunya ini jadi PR tambahan bagi PSSI untuk memperbaiki sistem keamanan di laga selanjutnya, jika tak ingin FIFA benar-benar menjatuhkan sanksi atau denda.

 
Manchester United